Tv Lg Rd-21Fb70v Kerusakan Mati Standby


 Chassis tv ini menggunakan aisy single type ic LG TV LG RD-21FB70V Kerusakan Mati Standby
TV LG chassis nomer SC-023D dengan type RD-21FB70V yaitu keluhan terjadi kerusakan mati standby saja gak mau on. Chassis tv ini menggunakan aisy single type ic LG8046-32A atau ic 8823CPNG5JK3, menggunakan aisy vertikal ic LA78040, dan reg menggunakan STR F6654.

Dicoba tv di ON kan ternyata timbulnya LED indikator menyala merah, kemudian di pencet tombol CHANEL + nya pada panel, tapi tidak ada reaksi apa-apa, LED pun nggak berkedip sama sekali, dilanjutkan dengan pengukuran tegangan dan cek-cek blok yang dicurigai.

Pengukuran tegangan dilakukan pada pin POWER nya yaitu pin 64 dan disini terukur tegangan sebesar 2.5V, dan dicoba pencet tombol CHANEL + tetapi tegangan di titik tersebut tidak ada perubahan HIGH ataupun LOW, dan di pin KEY juga tidak membuktikan reaksi apa-apa.

Kemudian investigasi berpindah ke pin RESET nya di sini terukur tegangan sebesar 4.5V dan berarti ini OK, di lanjut lagi pengecekkan ke XTAL nya, dan di proleh pada kedua pinnya tegangan masing-masing terukur sebesar 2.5V dan 1.8V, dan berarti ini OK, lanjut lagi pada pin SDA dan SCL nya, pada pin SDA tersebut terukur tegangan sebesar 3.2V dan pada pin SCL nya terukur tegangan sebesar 0.9V, Nah,, rupanya disini ada kejanggalan, seharusnya kan tegangan di pin SDA dan SCL setidak-tidaknya tegangannya harus sama.

Lalu Perburuan pun di mulai, yaitu mencari komponen yang mengakibatkan tanda-tanda tegangan tersebut error pada sepanjang jalur SCL, dan jadinya biang kerok tegangannya yakni ditemukan D23 dalam kondisi setengah short circuit, sehabis D23 diganti dengan IN4148, tv pun di coba lagi nyalakan dan jreng,,, tv pun sudah dapat ON dan start lagi.
Sumber http://basis-elektro.blogspot.com/

0 Response to "Tv Lg Rd-21Fb70v Kerusakan Mati Standby"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel