Tips Cara Menganalisa Kerusakan Tv Terutama Merek Sharp

Pada kasus kerusakan tv merek sharp memang sedikit berbeda dengan kerusakan yang terjadi pada tv merek lain, begitu pula cara penanganan servis nya pada setiap tv kadang ada perbedaan, walaupun jenis kerusakan nya hampir sama, tapi setiap merek tv ada kerusakan-kerusakan tertentu yang memang jadi ciri khas dari kerusakan tv tersebut, berikut akan sedikitnya mengulas wacana cara menganalisa kerusakan tv terutama tv sharp.

Misalnya tanda-tanda kerusakan pada tv Sharp dan Polytron, keduanya memiliki tanda-tanda khas tersendiri pada setiap tanda-tanda kerusakan nya. Nah disini kita sanggup mengambil pengalaman dari setiap terjadinya kerusakan tersebut, lantaran sewaktu-waktu niscaya kita akan menjumpai tanda-tanda kerusakan yang sama, oleh lantaran itu setiap tukang service tv memiliki pengalaman tersendiri dalam hal menganalisa dan menuntaskan setiap kerusakan tv.

Pada kasus kerusakan tv merek sharp memang sedikit berbeda dengan kerusakan yang terjadi p Tips Cara Menganalisa Kerusakan TV Terutama Merek Sharp
Sekarang ini aku akan kembali membahas wacana menganalisa kasus kerusakan tv merek sharp, ibarat yang sudah banyak rekan-rekan master elektronik bahas wacana kerusakan merek Sharp ini yang memang memiliki ciri khas tersendiri dari penyakit kerusakan nya.

Setiap Televisi Punya Seri IC nya Masing-masing

Pada TV merek Sharp ini ada yang menggunakan IC Utama Berseri TDA 938PSxxx Yang Biasanya seringkali mengalami kerusakan pada regulator, IC Vertikal,Horizontal, FBT,Eprom (IC Memory), ataupun sanggup juga dari Kwalitas solderan Yang kurang anggun sehingga kaki komponen terlepas dari jalur rangkaian.

Banyak faktor Penyebab kerusakan pada IC, baik itu lantaran rusak secara alami, rusak lantaran eror, atau sanggup juga rusak disebabkan dari komponen yang lain gak normal, ataupun sanggup juga kerusakan dari tegangan yang kurang stabil. Apabila terjadi kerusakan pada IC memory error atau corrupt sanggup terlebih dahulu mengatasi dengan masuk ke sajian service mode.

Contoh kerusakan TV merek Sharp yang menggunakan IC utama type TDA 8361/8362, yang biasa terjadi penyakit standby sering di temukan kasus kerusakan pada regulator 9 Volt. Untuk solusinya harus mengganti IC seri 7809, resistor kembar dua buah (biasanya 18 ohm) dan kapasitor. Cek juga elco 100-220Uf/160v, lihat apakah ada elco yang boncos atau kembung sanggup disebut juga elco nya kering dan rusak lantaran meletus, kemudian cek juga serpihan IC vertikal dan TR horizontal dan semua titik solderan.

Pada tv merek Sharp kalau terjadi penyakit tv tidak mau nyala 'start' dan hanya membisu dalam posisi 'standby', sanggup dicoba dengan melepaskan dulu solderan pada IC KIA 7045, IC tersebut merupakan IC reset jadwal yang berfungsi untuk menunjukkan tegangan 5 volt pada pin reset IC jadwal (tipe Sharp 51R500) incam/IGR Seri komponen IC1003 (KIA 7405).

Tips Cara Memperbaiki Kerusakan
Langkah Yang Harus di Kerjakan Diantaranya Sebagai Berikut:

  • Bersihkan dahulu board PCB tv menggunakan Cairan thinner dengan Kuas yang Lembut, Supaya lebih terperinci terlihat titik-titik solderan dan jalur, periksa apakah Titik solder ada yang kendor atau lepas lantaran sanggup mengganggu kinerja tv, bahkan sanggup Menjadi penyebab kerusakan Ringan Pada tv.
  • Periksalah dengan teliti semua titik solderan di bagian, Regulator/Power Supply, Vertikal, flyback. Pada serpihan inilah sering terjadinya solderan copot/lepas lantaran serpihan tegangan besar sehingga sanggup lebih panas akhir tv menyala dalam waktu yang lama. Dalam tv merek Sharp lebih sanggup diutamakan periksa terlebih dahulu di serpihan IC vertikal dan resistor serpihan vertikal tersebut lantaran serpihan itu rawan penyebab terjadinya tv protek, dan Hati-hati juga di serpihan itu sensitif, walaupun kontak/colokan listrik sudah dimatikan tapi tegangan masih tersisa di elco supply vertical.
  • Apabila warna resistor pada serpihan vertical berubah kelihatan sangat hangus, itu sanggup jadi mengambarkan IC vertical rusak ganti saja IC tersebut dan Resistor sanggup di ganti dengan nilai watt yang lebih besar diatas nilai sebelumnya.
  • Lalu kalau tv belum juga sanggup nyala silahkan perhatikan posisi dikala pertama mau start lantaran Tv Sharp memiliki kode-kode protek ibarat pola kerusakan:
  • Apabila lampu led berwarna kuning kemudian hijau, kemudian berhenti di warna kuning, maka sanggup dipastikan kerusakan terdapat pada IC memory, silahkan coba mengganti nya, sanggup juga mengganti IC memory yang sudah isi settingan berisi dengan model  tipe tv yang sama.
  • Jika lampu indikator led nyala warna merah terus mati lagi, hal tersebut kemungkinan besar kerusakan yang terdapet pada IC utama, atau tegangan 3.3 volt pada blok regulator hilang, periksa serpihan power supply.
  • Jika lampu indikator led berwarna hijau selama 10 detik dan kemudian kembali lagi ke warna merah, hal tersebut dipastikan ada kegagalan di serpihan horizontal, Cek Playback dan rangkaian nya.
  • Jika lampu indikator led tidak nyala samasekali, periksa area input power supply dan periksa juga STR 6553/6554. Apabila STR yang itu rusak ganti saja, jangan lupa periksa juga R pembatasnya. Yang perlu diperhatikan bahwa pada waktu Anda mau mengganti IC STR 6553/6554 cek dua buah dioda yang terdapat di serpihan pojok, kalau sanggup ganti dengan yang orisinil atau cabutan,sebab sering terjadi STR tersebut rusak lagi apabila dioda tadi tidak ikut diganti.
Demikian sedikit mengulas kembali citra wacana cara menganalisa kerusakan tv terutama yang dibahas kali ini pada tv sharp, untuk tips lainya sanggup kita bahas di artikel selanjutnya.

Baca juga :  Cara pasang Antena Parabola 2 LNB sendiri untuk pemula.
Sumber http://basis-elektro.blogspot.com/

0 Response to "Tips Cara Menganalisa Kerusakan Tv Terutama Merek Sharp"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel