Mengenal Sirkit Ik Atau Akb Dan Cara Kerjanya

Dalam rangkaian mesi tv tentunya kita suda tau apa yang dinamakan sirkit IK (Cthode Current) atau AKB (Automatic Cathode Bias) yang biasanya ada pada kepingan pcb socket CRT dan dihubungkan/diumpan balik ke IC junggle atau IC Chroma.

Apa yang dimaksud dengan sirkit AKB dan fungsinya?

Menurut yang dirangkum dari aneka macam sumber, sirkit IK atau AKB ialah suatu rangkaian pada mesin tv yang berfungsi sebagai penjaga supaya level Cut-off katoda RGB tetap dalam keadaan seimbang apabila karakteristik emisi katode RGB sedikit mengalami perubahan selama pemakaian.

Pada CRT atau Tabung gambar kalau sudah mengalami pemakaian yang lama, maka karakteristiknya akan mengalami perubahan, jadi tingkat emisi pada setiap katode sanggup berubah tidak sama. Kaprikornus hal tersebut tentunya sanggup berakibat terjadi gray-scale tracking perubahan gambar, dan level white balance hitam menjadi gak seimbang, maka sirkit AKB tersebut menjaga keseimbangan tersebut.

White balance

Apa pengertian dari white-balance pada tv?, kita sanggup perhatikan gambar pada layar tv, apakah baju yang putih tampak kelihatan putih? Yaitu terlihat benar-benar putih, contohnya tidak terlihat sedikit kemerah-merahan. Atau menyerupai pola warna rambut yang hitam terlihat nampak hitam? Misalnya tidak sedikit terlihat kemerah-merahan. Dan pola lain menyerupai kulit wajah pada insan pada tv, apakah terlihat alami kecoklat-coklatan terang? Misalnya tidak kehijau-hijauan atau kebiru-biruan.

Maka dari hal diatas kalau warna baju putih terlihat sedikit kemerahan atau kebiruan, atau warna hitamnya rambut terlihat sedikit kebiruan, maka hal tersebut sanggup dinamakan cacat white-balance, biasanya berakibat dari problem Adjustment, jadi problem white balance akan menciptakan gambar jadi nampak tidak natural, terlalu banyak biru akan menimbulkan tampilan gambar Puyeh seolah kurang kontras dan gak tajam.

Cara kerja sirkit AKB

Tegangan bias IC atau TR untuk RGB-driver tersebut dikontrol oleh IC Video-Chroma, suatu sirkit timing generator yang ada dalam IC Video-Chroma mengeluarkan pulsa-pulsa sapling melalui output RGB dengan cara bergantian. Pulsa yang asalnya dari arus katode driver RGB yang terdapat di pcb socket CRT diumpan balik ke IC Video Chroma. Lalu IC Chroma tersebut akan secara otomatis mengatur besarnya tegangan bias RGB yaitu untuk mengatur white-balance.

Contoh problem yang disebabkan sirkit AKB

Apabila terjadi kerusakan pada sirkit IK atau AKB maka akan berakibat pada RGB output yang berasal dari IC Video Chroma diblanking, sehingga akan terjadi drops pada tegangan RGB-out, yang timbulnya raster akan menjadi gelap. Apabila tegangan Screen dinaikkan maka raster akan menjadi putih polos, atau menjadi mayoritas pada salahsatu warna. Kaprikornus pada problem tersebut sering kali mengecoh kita dalam service tv, sehingga kadang memvonis pada IC Video-Chroma yang rusak, dan harga dari IC nya juga tidak murah, jadi perlu ketelitian yang lebih lagi.

Beberapa penyebab problem sirkit AKB

Masalah kerusakan pada sirkit AKB yang berakibat pada raster menjadi nampak putih polos atau menjadi mayoritas pada salah satu warna, ialah menyerupai berikut penyebabnya:

  • Ada yang putus jalur umpan balik IK dari rangkaian pcb socket CRT ke rangkaian IC Video-chroma.
  • Terdapat Resistor yang rusak di rangkaian pcb socket CRT, biasanya terjadi kerusakan pada R yang bernilai ratusan kilo.
  • Terdapat Transistor yang rusak pada rangkaian pcb socket CRT, sanggup juga disebabkan hanya terjadi kebocoran kecil antara Colektor dan Emitor, dan cuma sanggup terukur menggunakan Avo meter pada posisi x1k.
  • Mendapati teg heater drops yang disebabkan oleh R pada jalur tegangan heater nilainya berubah/molor.
  • Kesalahan settingan atau Adjustment pada tegangan screen atau G2.
  • Pada salah satu katode tabung memiliki emisi yang lemah, atau CRT pernah diganti dengan tipe yang lain.

Contoh kerusakan problem pada AKB (IK)

Tv Goldstar TDA3562, problem kerusakan raster putih polos, yang jadi penyebab yaitu TR yang mengalami kebocoran dari Colektror-Emitor kalau di cek pakai Avo pada posisi x1k.

Goldstar TDA3562, kerusakan raster yang mayoritas pada salah satu warna, yang jadi penyebab ialah R 680k nilainya berubah/molor.

Samsung zoom V TDA 9381, yang memiliki kerusakan pada raster terlihat putih polos dan tidak ada noise, yang jadi penyebab ialah R di jalur Heater nilainya berubah/molor.

Samsung zoom V TDA9381, sehabis pergantian tabung raster jadi putih polos, ternyata CRT pengganti memerlukan tegangan heater yang lebih besar, sehingga teg heater jadi drops, biar menjadi normal solusinya dengan menaikan tegangan heater.

SONY TDA8375, memiliki kerusakan raster warna yang menjadi mayoritas hijau, sehabis di cek ternyata teg G-out lebih besar daripada B-out dan R-out, dugaan awalnya dari IC Chroma yang rusak, tapi sehabis dilakukan pergantian tetap sama saja tidak berubah, problem lantaran karakteristik tabung untuk katode G yang berubah, sanggup diakali dengan merubah Ajustment G cut-off menjadi nol.

Jadi pada perangkat tv yang tidak menggunakan sirkit AKB, kalau terjadi kesalahan pada Adjustment tegangan screet (G2) akan menimbulkan gambar menjadi tampak gelap atau terlihat kabur disertai gangguan blangking. Dan pada perangkat tv yang menggunakan sirkit AKB kalau terjadi kesalahan Adjustment akan berakibat raster yang menjadi polos tidak muncul gambar.
Sumber http://basis-elektro.blogspot.com/

0 Response to "Mengenal Sirkit Ik Atau Akb Dan Cara Kerjanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel