Kerusakan Tv Polytron Fs7um Konslet

Seringkali kita alami kerusakan pada tv Polytron dengan tanda-tanda konslet nya FET pada regulator atau sering kita sebut FS7UM, tentunya kerusakan ini kadang perlu ekstra hati-hati juga, lantaran bila kita tidak benar koreksi pengecekanya dapat jadi FS7UM jebol berkali-kali sehabis melaksanakan pergantian.

Kerusakan menyerupai ini akan mengakibatkan MCB PLN anjlok eksklusif ke posisi off ketika TV kita colokkan atau dinyalakan, menyerupai misalnya berikut pada TV Polytron Turbo Picture model type PN 20323K.

TV ini dengan komponen utama IC Chroma TDA 8841, IC vertical LA7830, TR Horizontal D1878, Regulator FS7UM, dan menggunakan FBT FCM20B061N.

Setelah dilakukan pengecekan yang mengakibatkan KWH PLN anjlok yakni Fet FS7UM yang short, dan apabila Fet tersebut rusak konslet tidak dapat ganti begitu saja eksklusif jadi, tadi ada komponen lain yang jadi penyebab kerusakan Fet tersebut, yaitu komponen yang berada di area sekitarnya pada Regulator. Makara kita supaya berhati-hati dalam pengecekan semoga tidak terjadi penggantian Fet berkali-kali eksklusif jebol lagi.

Awal penelusuran kita coba cek komponen yang biasanya harus di periksa bila mengalami tanda-tanda menyerupai ini, yaitu periksa TR C1815, TR A1015, TR C945, kemudian pada Dioda Dzener 13 volt, Dioda Dzener 2 volt, R 33 ohm, R 0,39 ohm, Optocoupler, serta Elko 400 volt bila kering dapat juga menjadi penyebab.

Kemudian sehabis semua komponen utama diatas dicek dan apabila memang ada kerusakan pada salahsatunya, sehabis melaksanakan pergantian jangan dulu memasang FS7UM ketika mencobanya, kosongkan dulu cuilan Fet kemudian kita ukur pin G FS7UM, normalnya akan terukur sekitaran 3,5 volt hingga 4 volt DC, apabila pada pin G tidak ada tegangan atau drop maka akan mengakibatkan FS7UM jebol kembali ketika dipasang, dan harus ganti berulang-ulang nantinya malah kebobolan.

 source : diambil dari kristuren

Pada kasus ini yang rusak yaitu TR C945, TR A1015, TR 1815, Otocoupler pc817 dan Fet FS7UM itu, untuk komponen lainya menyerupai R dan dioda Dzener masih bagus, sehabis pergantian komponen yang rusak diatas dan diukur tegangan normalnya pada pin G sebelum FS7UM dipasang, maka TV pun dapat nyala normal kembali.

Demikian ulasan perihal cara service TV polytron yang rusak Fet FS7UM dan mengakibatkan KWH PLN selalu anjlok.

Sumber http://basis-elektro.blogspot.com/

0 Response to "Kerusakan Tv Polytron Fs7um Konslet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel