Fungsi Dan Cara Kerja Ic Memory (Eeprom) Pada Tv


Pada kesempatan ini saya akan menulis wacana IC Memory TV (eeprom), yang sudah tidak gila lagi bagi tekhnisi dalam menangani persoalan yang disebabkan oleh ic memory, maka sedikitnya akan kita tulis disini wacana fungsi dan cara kerja ic memory atau eeprom.

Fungsi IC Memory atau Eeprom

IC Memory pada televisi yaitu yang berfungsi sebagai penyimpanan data configurasi, untuk penyimpanan data factory ibarat sub contras, white balance, dan juga sebagai setting data Adjustmen ibarat volume, warna, dan lainya.

Memory tv ini ada bergagai jenis dan tipe seri, kalau dilihat dari kapasitasnya memory yang biasa digunakan ialah jenis seri 24Cxx, yang dimaksud dengan xx itu biasanya seri berdasarkan ukuran kapasitan memory itu sendiri. Misalnya 24C04 yang berarti memiliki kapasitas 4 kilobit, jadi yang biasa dipasaran dan banyak digunakan yaitu dari 24C01, 24C02, 24C04, 24C08, 24C16, 24C32, ibarat itu contohnya, dan biasanya yang dijual ditoko-toko ialah memory yang masih kosong, kecuali toko tersebut punya data dan alat untuk menciptakan memory sudah terisi sesuai model tv yang diharapkan oleh kita.

Bagaimana cara kerja IC Memory pada tv?

Pada waktu kita menghidupkan tv maka IC Program akan mengcopy/membaca isi yang ada pada IC Memory, ibarat pola volume di level berapa, vertical, atau posisi channel dan lainya, jadi sebagaimana data dan settingan yang tersimpan pada IC Memory akan dibaca dahulu oleh IC Program.

Oleh alasannya ialah itu pada sebagian tv ada yang nyalanya agak usang sehabis Power On atau tv dinyalakan, biasanya itu pada tv yang sajian settinganya banyak, dan jenis IC Memory juga memiliki kapasitas besar ibarat 24C16.

Gejala kerusakan pada IC Memory yaitu rusak total, corrupt dan error, kalau IC cuma terjadi error saja maka masih dapat digunakan dengan mengisi ulang data yang baru, yaitu caranya di flash sesuai jenis model tv tersebut, atau ada juga yang cukup dengan membetulkan data yang error melalui service mode tv.

Tapi kalau IC memory rusak corrupt biasanya tv tidak akan berjalan dengan normal, dan IC memory tersebut susah dibetulkan lagi datanya, apalagi kalau memory sudah benar-benar rusak total, itu wajib dilakukan pergantian.

Jika IC Memory (eeprom) rusak

Problem yang terjadi kalau ada kerusakan IC Momory pada tv diantaranya sebagai berikut,

  • Akan menjadikan Tv tidak dapat start atau nyala
  • Jika datanya ada yang error akan berubah settingan, contohnya pada tv sharp tiba-tiba bunyi ngosos, pengaturan berubah jadi DK yang seharusnya BG, cara mengatasi hal tersebut dapat dari service mode kalau tidak dapat diatasi melalui tombol remot langsung. Makara sering terjadi kerusakan error pada ic memory, ibarat contohnya lagi tv hanya tampil pada AV Mode.
Cara cepat untuk mengatasi kerusakan yang disebabkan oleh IC Memory ialah dengan melaksanakan Flash ulang, memformat data dan mengisinya dengan data yang gres sesuai dengan model mesin tv, atau dapat menggantinya eksklusif dengan IC yang baru, toh harganya juga terjangkau dan gak mahal-mahal amat, dan kita tinggal setting dikit pada cuilan yang belum normal contohnya settingan vertical, tapi pada sebagian tv ada yang agak sulit kalau diganti dengan kosongan, maka kita akan bahas kedepan wacana cara mengganti IC Memory tanpa harus flash atau memprogram.

Semoga coretan ini dapat bermanfaat.
Sumber http://basis-elektro.blogspot.com/

0 Response to "Fungsi Dan Cara Kerja Ic Memory (Eeprom) Pada Tv"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel