Cara Menyambung Jalur Cof Panel Lcd Yang Putus Korosi

Panel LCD yang lokasi T-con ada dibawah, kadang dijumpai korosi sehingga beberapa jalur putus.
Jalur printed tembaga yang putus kadang "mepet" pada plastik COF sehingga kita akan kesulitan untuk menyambung pada jalur printed tembaga pada bab dalam COF

Apakah plastik COF perlu di-"kerik" untuk menyambung pada jalur printednya ?.........
Tentu saja sangat sulit !.......Plastik COF ini cukup keras dan tahan panas !!!

Lalu bagaimana caranya ?.........
Kami ada pengalaman sebagai berikut.

Misalnya rujukan gambar.1 dibawah ini. Ada salah satu jalur yang putus.

gambar.1

Maka langkah pertama yaitu menciptakan irisan ibarat ditunjukkan dengan garis putus-putus pada kiri-kanan plastik COF pada jalur yang putus (lihat gambar.2 dibawah). 

gambar.2

Dengan demikian plastik COF pada jalur yang putus akan sanggup "dikelupas", dibuka  seperti gambar.3 dibawah. Awas hati-hati jangan hingga plastik COF yang dikelupas putus, biarkan ujung lainnya tetap nempel dan nyambung.

gambar.3

Maka kita akan memperoleh 2 macam jalur printed, yaitu : (1) Jalur printed tembaga yang melekat pada pcb T.con, dan (2) Jalur printed tembaga yang melekat pada plastik COF yang telah dikelupas. Olesi kedua jalur printed ini dengan fluxer dan lalu beri lapisan timah (...istilahnya di vertin)
Kedua jalur inilah yang nanti sanggup digunakan sebagai titik sambungan kabel jumper. Bisa pilih mana yang yummy dan praktis nyambungnya.

gambar.4

Bila ada 2 buah jalur putus letaknya berdampingan. Maka untuk mencegah terjadinya short ketika penyambungan, serta memudahkan proses penyambungan, maka salah satu gunakan jalur printed yang nempel di pcb T.con dan yang sebelah lainnya gunakan jalur printed yang nempel pada COF.

Untuk menciptakan irisan plastk COF ibarat gambar.2 kami gunakan pisau bedah alasannya cukup tajam dan irisan sanggup tipis.


************************






Sumber http://marsonotv.blogspot.com/

0 Response to "Cara Menyambung Jalur Cof Panel Lcd Yang Putus Korosi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel