Cara Menghilangkan Gosing Warna Belang Pelangi Pada Tv

Jika kerusakan yang terjadi pada tampilan warna tv tabung/crt yang belang atau degausing dan biasanya disebut gosing, terlihat layar tv nampak ada timbul warna yang muncul mencolok belang-belang, biasanya di pinggir-pinggir atau disudut layar tv. Penyebabnya bisa juga tadinya ada magnet yang posisinya erat dengan tv, atau kadang lantaran seringnya tv disimpan dilantai dan dipindah-pindahkan, dan ada juga dari rangkaian degausing dalam tv ada masalah.


Mengenai permasalahan warna pelangi atau gosing pada tv tersebut ada pengalaman waktu itu dari tv yang termasuk belum usang dipake, si pemilik tv tersebut menyimpan power amplyfier aktif/speaker aktif di samping tv tersebut, walaupun letaknya memang tidak terlalu dekat, tapi lama-lama muncul gosing pada sudut tabung tv tersebut, awalnya memang cuma terlihat sedikit saja muncul, dan lama-lama jadi membesar.

Pemilik tv mungkin tidak tau bahwa kalau tabung tv terlalu erat dengan magnet akan merusak kondisi warna tv hingga akan terjadi gosing.

Jadi jangan menyimpan magnet terlalu erat dengan tv biar tidak terjadi hal menyerupai itu, posisikan perangkat elektronik lain yang didalamnya ada terdapat magnet biar menjauh dari kawasan penyimpanan tv.

Cara mengatasi warna tv jadi belang, warna pelangi, degausing.

Cara mengatasinya ialah dengan mendekatkan magnet pada penggalan tabung layar yang terkena gosing, dekatkan magnet kemudian tarik ke arah samping hingga noda belang gosing pada warna layar tersebut hilang, apabila masih tetap sulit hilang balikan medan magnet yang kita pegang hingga bisa menciptakan gosing itu hilang, kalau gosing tersebut berada dibagian tengah tarik dulu diarahkan ke pinggir tabung atau bisa juga menarik magnet yang kita pegang ke arah depan.

Apabila masih belum hilang juga walaupun sudah berkali-kali dibuang oleh magnet, bahkan belang warnanya makin acak-acakan, kemungkinan cara kita mendekatkan dan menarik magnet yang kita pegang belum benar. Atau juga memang ada kerusakan pada penggalan PTC (Positive Temperature Coeffisien) pada mesin tv, coba ganti dulu komponen tersebut kalau warna belang masih sulit hilang.

Munculnya warna pelangi pada layar tv bisa juga disebabkan sehabis melaksanakan pergantian yoke/konde, kita harus pas kan saja posisi yoke kemudian dibuang pakai magnet atau pake alat degausing khusus.
Sumber http://basis-elektro.blogspot.com/

0 Response to "Cara Menghilangkan Gosing Warna Belang Pelangi Pada Tv"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel