Service Tv Polytron 21 Inch Protek


Tulisan postingan akun Fb Istamar - Waktu saya buka Fb tiba-tiba klik dan dibaca eh ternyata pengalaman service TV Polytron panjang banget juga menulisnya, hingga proses service ditulis semua nih, hahaha lucu, tapi tidak mengecewakan ada pengalaman juga didalamnya walaupun puanjang lebar, mari kita simak cara service tv Polytron dari pengalaman berikut ini yang saya benahi lagi paragrapnya supaya agak rapi :).

Tak kuasa menahan duka melihat tv Polytron Uslim 21 inch tergeletak di lantai sendirian. Sendirian alasannya yakni yang lain belum tiba alias lagi SEPI.....he ...he...he...
Saya angkat tv kemudian di taruh di meja kerja, ambil steker kemudian tancap di stop kontak, tekan tombol power. Tv sanggup hidup sebentar kemudian mati standby lampu led merah menyala. Terus saya tekan berkali-kali tombol CH+ hingga 10 kali, karenanya tampaklah garis horisontal warna biru tipis walaupun hanya sesaat, dan lagi-lagi tv standby. Saya melamun sesaat, sambil mengait puntung rokok yang tinggal 2 Cm dan keluarlah asap dari monyongku Was wus.

Dalam hati berteka-teki, fellingku mengarah pada dibagian Vertikal yang terganggu. Sambil menghisap asap roko, saya ambil dril ples panjang utk membuka tutup pintu tv belakang. Terbukalah lebar-lebar tv, Seperti kebiasaanku terlebih dahulu saya melaksanakan resolider, alasannya yakni biasanya tv yang berumur di atas 3 tahun solderan sudah retak-retak, dan maklum to kalau mulai ada gangguan?, biasanya di area Vertikal yang terganggu lebih dulu.
Aku rasa sudah cukup solder ulangnya, Baik di kepingan ic HBT dan ic vertikal, Waduh gak sadar api roko sudah mulai bikin panas jari-jariku, mengambarkan puntung roko harus di buang. Saatnya kini saya TES untuk melihat hasil dari solder ulang tadi, namun hasilnya sayang belum ada, tv masih start sesaat kemudian standby, aduh mana Roko habis. Okelah pergi ke warung dulu yang kebetulan sangat erat dengan GUBUG saya, roko sudah saya dapatkan, walaupun sama pemilik warung di catat atau dibukukan alias Bon, dengan impian tv jadi bon lunas.

Nah kini KEMBALI KE LEPTOP........
Cek elko C402 1u/50v dan C401 10u/50v, masih good. Untuk menghindari salah felling elco C402 & C401 cabut kemudian saya ganti dengan yang baru, C402 1u/50v saya ganti dengan 2,2u/50v dengan itungan sanggup bertahan usang alasannya yakni biasanya penyebab tv protek ada pada elko 1u/50v yang memang sering cepat kering atau elko 10u/50v short, komponen ini tampaknya menanggung DERITA yang cukup berat. C402 berperan untuk kopel tegangan yang di ambil dari elko 100u/35v sedangkan C401 berperan arus dari D402 semoga menjadi rata, tapi dalam kasus ini ternyata berbeda walau tanda-tanda penyakitnya sama yaitu "protec".

Setelah Elko elko yang dicurigai sudah selesai di ganti, kini mulailah uji coba, namun sayang keadaan tv tetap menyerupai semula yaitu PROTEK. Dan kini sudah tidak ada bunyi dari fbt (cret...crets....crets..) lampu HEATER kelihatan nyala sesaat.

Sistem protek pada tv Polytron yang menggunakan ic tunggal HBT pada umumnya terganggu kepingan rangkaian vertikal, ini berdasarkan para Master-master Tuser tv di Mbah Gogel. Maka saya tidak mencoba blok selain blok vertikal, Pin 63 ic HBT-00-04G yakni jurusan titik protek. Maka setelah di nyalakan lagi mulai lah melaksanakan pengukuran dari titik protek yang terindikasi 0 volt padahal sempat keluar tegangan dari C402 sekitar -8v tapi kenapa tidak hingga ke pin 63 ?

Ternyata eh ternyata dari hasil pengukuran secara induksi pada jalur protek antara pin 63 ke C402 sudah putus! Selidik punya selidik ternyata D402 smd (dioda tempel yang kecil) PECAH, jadi gak pake usang buang dioda smd ganti dengan IN4148, yang fungsinya yakni sebagai penyearah tegangan -8v dari C402 dan mengubahnya menjadi +5v setelah melewati dioda IN4148 yang nantinya di teruskan ke pin - 63 untuk jadi kontrol kerja blok Vertical.

Tancap STEKERnya tv, kemudian keluarlah layar biru dengan display logo POLYTRON di layar, kemudian tancap kabel pin video dan tanpa di duga ada gambar pertandingan Sepak Bola yang sangat saya gemari, kebetulan yang sedang bermain antara klub favorit di Liga Inggris dan liga Prancis, yaitu antara Mancester City dengan PSG yang di tayangkan oleh stasion tv asal Thailand.
Demikian dongeng yang singkat ini, semoga ada manfaatnya.

Sumber http://basis-elektro.blogspot.com/

0 Response to "Service Tv Polytron 21 Inch Protek"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel