Service Tv Lg Slim Kerusakan Ic Vertikal

Kali ini mengulas perihal kerusakan tv LG Ultra Slim dengan kerusakan awal tv protek, tv bila dinyalakan kembali standby dan ternyata sesudah beberapa kali dicoba di On kan layar terlihat garis lurus ditengah layar melintang secara horizontal, ternyata penyebab protek tersebut yaitu cuilan vertikal yang tidak bekerja, sehingga layar hanya garis kecil lurus ditengah saja.

Tv LG ini menggunakan ic utama LV762xxx, ic vertikal LA78141 serta Regulatornya menggunakan STR W6554. Setelah dilakukan investigasi ternyata ada cuilan solderan yang kendor pada area vertical, kemudian dilakukanlah penyolderan ulang pada area tersebut dan area yang lain yang sekiranya ada yang terlihat retak. Setelah itu tv dicoba test kembali di start, ternyata masih sama saja protek serta layar bergaris tengah, berarti bukan hanya solderan tersebut yang menjadi dilema pada tv merek LG Slim ini.

datasheet la78141
Dilanjut dengan investigasi pada tegangan vertikal ternyata terukur normal saja sekitaran 26volt, dan pribadi tertuju saja pada ic vertikal LA78141 untuk dicoba pribadi ganti, tapi berhubung service tersebut panggilan dan kebetulan tidak bawa stok ic LA78141 adanya ic STV9379, dicek datasheet ic tersebut ternyata ada kesamaan menyerupai ic STV9326 juga sama, dan dicoba saja melaksanakan pergantian dengan ic STV9379 saja yang ada dikala itu.

datasheet stv9379
Setelah ic vertikal dipasang coba tv dihidupkan lagi ternyata tv sanggup nyala dan layarpun membuka tampak gambar, tidak bergaris tengah lagi, tapi ada sedikit hambatan pada sisi cuilan bawah terlihat menyerupai ada sedikit garis-garis benang, pada sisi layar cuilan atas juga ada sedikit garis benang, berarti masih ada sedikit yang perlu disempurnakan pada cuilan vertikal tersebut, dicurigai elko 100uf 35v dan 1uf 50v yang perlu diganti pada elko vertikal, tapi berhubung hari itu waktunya mepet dan cuma bawa stok ic 100uf dibawah 35v maka kerjaan ditunda dulu dan ditinggal pulang, tapi yang punya tv katanya mau menonton dulu waloupun ada sedikit garis-garis, ya saya perbolehkan lah sementara hingga besok dilanjutkan lagi garapan.

Tapi besoknya sebelum saya sempat pergi lagi kerumahnya, yang punya tv LG tersebut sudah menghubungi katanya tv mati lagi menyerupai penyakit sebelumnya, owalah ternyata sesudah dilanjut periksa lagi ic vertikal sudah dalam keadaan pecah, pribadi saja dilakukan pergantian dengan ic sama seri nya dengan asalnya yaitu LA78141, tidak lupa pula pribadi ganti elko 100uf juga yang belum sempet terganti. Dan ahirnya tv sanggup nyala lagi kali ini dengan layar normal tanpa ada cacat garis-garis menyerupai benang juga.

Sampai disitu coba ditest tv running kemudian dicek diraba pada pendingin ic vertikal, wow ternyata ic vertikal tersebut panas banget menyerupai masih ada yang kurang beres nih, kemudian dicoba cek lagi kali aja tegangan berubah yang menimbulkan ic vertikal panas, pantesan ic kemarin mati lagi lah wong panas sekali dikala dipegang pendingin, saya fikir kalau gitu sanggup berabe nih percuma ic vertikal diganti juga bisa-bisa tetep mati lagi hingga berkali-kali harus ganti ic vertikal kalau masih belum normal.

Dilanjut dengan coba cek dengan teliti lagi hal yang mencurigakan yang menciptakan ic vertikal panas tersebut, tapi dirasa semua gak ada masalah, tegangan juga normal saja. Kemudian coba di test saja tv dinyalakan dalam waktu agak lama, dengan sebelumnya ic vertikal tersebut dikencengi bautnya hingga benar-benar melekat pada pendingin atau heatsink. Tadinya walaupun dikala itu ic vertikal mau mati lagi juga tidak apa-apa mumpung masih ditongkrongin running test, dan posisi gambar dikala itu sudah terlihat normal tanpa cacat sedikitpun.

Setelah ingin tau di test hampir beberapa jam disitu sambil nonton gosip dan sesekali ngobrol-ngobrol sama yang punya tv, tapi tv tetep nyala normal walaupun kondisi ic vertikal tampaknya panasnya berlebih dari biasanya bila ic vertikal di pegang biasanya tetep agak adem-adem, alasannya kelamaan nungguin ahirnya diputuskan tv tersebut ditutup saja dan biar dicoba oleh pemiliknya saja berhari-hari. Dan ternyata tv pun tetep nyala normal katanya tidak mati lagi, yaudah ahirnya servis tv LG tersebut dianggap tamat hingga batas waktu yang tidak ditentukan kemungkinan juga sanggup rusak lagi atau malah baka bertahun-tahun hehe.

Demikian ulasan perihal service tv LG Slim kerusakan ic vertikal, walaupun memang tv ini posisi ic vertikal memang panas menyerupai agak overheat begitu, tapi ternyata tv sanggup nyala normal, dan jangan lupa supaya ic vertikal tidak mati lagi kita harus melaksanakan pergantian dulu pada elko atau periksa solderan juga, biar ic vertikal tersebut tidak malah terlalu panas berlebih, alasannya bila ada elko yang kering juga sanggup mengakibatkan ic vertikal panas berlebihan, serta usahakan baut ic tersebut harus benar-benar kencang supaya melekat dengan tepat pada pendingin, dan lebih anggun lagi digunakan pasta juga sebelum dipasang, alasannya memang ic vertikal tv LG Slim menyerupai ini tidak mengecewakan panas juga. Semoga bermanfaat.
Sumber http://basis-elektro.blogspot.com/

0 Response to "Service Tv Lg Slim Kerusakan Ic Vertikal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel