Mengetahui Cara Kerja Tv Lcd Dan Diagram Blok

Pada perangkat elektronik tv LCD terdapat didalamnya merupakan bagian-bagian atau blok, serta yang dilengkapi dengan komponen-komponen didalam setiap blok tersebut, yang satu sama lainya memiliki perhubungan dan keterkaitan kolaborasi rangkaian hingga akan menghasilkan gambar yang sanggup kita tonton.

Tiap-tiap blok memiliki fungsi masing-masing, sehingga bila ada salahsatu blok yang bermasalah tentunya tv LCD tersebut tidak akan sanggup nyala dengan normal, berikut yaitu blok diagram TV LCD dan kita coba catat beberapa fungsi dari bab blok tersebut dalam bahasan sederhana cara kerja tv LCD kali ini.

Melihat dari blok diagram tv LCD diatas maka sanggup kita simpulkan dan disederhanakan sesuai dengan panel-panel blok yang terdapat pada tv LCD tersebut, yaitu diantaranya yaitu blok Power Supply, Main board "Mikro Komputer", Inverter, Tuner, Mixer, dan Panel Kontrol. Pada panel Main Board terdapat ibarat input HDMI dan USB, sedangkan input lainya ibarat AV, Component, RS232C, input RGB dan input Antena terhubung pada blok Tuner. Kita sanggup lihat pada gambar berikut:

Cara kerja tv LCD bab serta fungsi Rangkaian


Blok Tuner

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa fungsi dari tuner yaitu mendapatkan sinyal RF dari Antena, kemudian mengolah sinyal RF tersebut menjadi sinyal video Pada Blok ini sinyal input dari RGB, kemudian component dan RS 232C juda sanggup di-campur untuk sanggup ditampilkan.

Blok Power Supply

Dalam bab blok rangkaian Power Supply ini fungsinya untuk mensupply tegangan kerja ke setiap blok yang ada, ibarat Main board, inverter, Panel control, Tuner. Tegangan input utama dari AC dirubah jadi DC dengan variasi tegangan sesuai kebutuhan masing-masing blok, dari mulai tegangan yang rendah hingga DC untuk tegangan tinggi yang mengarah ke bab inverter.

Kemudian untuk tegangan Tuner dan Mixer biasanya diperoleh dari pembagian pada rangkaian bab blok Main Board, bila power supply mengalami problem kerusakan maka akan berakibat tv LCD mati total.

Blok inverter

Pada bab inverter ini memiliki fungsi untuk menghasilkan tegangan tinggi, yang akan dipakai untuk menawarkan tegangan pada lampu yang terdapat pada Panel LCD. Misalnya tegangan asalnya DC 24 v akan dinaikan dan dirubah menjadi AC yang memiliki tegangan tinggi biar sanggup menyalahan lampu tersebut, bila tegangan ke lampu putus atau tidak ada, tentunya akan berakibat layar tv LCD mengalami gelap tetapi bunyi masih tetap ada, lantaran proses bunyi berada pada blok Tuner.

Bagian Mixer

Pada bab mixer ini yaitu berfungsi sebagai pengolahan gambar dalam proses Scanning, yaitu sinyal gambar yang berasal dari dari bab Main Board, maka oleh mixer melaksanakan proses scanning dalam dua bab gambar kanan dan kiri, bila salah satu kabel soket dilepas maka hanya akan muncul gambar separuh saja, dan sebagian lagi akan terlihat hanya raster putih, bila keduanya kabel output mixer kita lepas maka sinyal video tidak akan tampil, hanya akan terlihat raster putih semua pada layar.

Blok Mainboard

Pada blok bab Main board ini terhubung ke bok Panel control, Tuner, Mixer, dan load speaker, dan dalam blok Mainboard juga terjadi pengolahan sinyal audio hingga menjadi audio yang terus diumpankan ke Load speaker, sanggup diartikan bahwa power amplifier sudah ada eksklusif pada blok ini. Kemudian keluaran IF video yang berasal dari tuner diolah pada blok ini dan akan menjadi sinyal video yang diumpankan ke blok Mixer untuk selanjutnya proses scanning.

Selain itu fungsi Mainboard pada tv LCD juga yaitu sebagai peserta perintah-perintah pengaturan dari control panel juga melalui remote dalam settingan suara, gambar, kegiatan input dan yang lainya. Jika Mainboar mengalami kerusakan biasanya akan terjadi hambatan pada gambar, suara, kegiatan input serta sanggup berakibat tanda-tanda pada fungsian lainya.

Bagian Control Panel

Pada bab control panel ini terdiri atas 2 bagian, ada panel control untuk pengaturan manual juga terdapat panel sensor dari remote, panel control tv lcd ini yaitu terdapat kumpulan switch puhh button untuk ditekan ketika akan mengatur program, contohnya memindahkan kanal atau naik turun volume, terdapat juga pengaturan hidangan serta akomodasi lainya.
Sumber http://basis-elektro.blogspot.com/

0 Response to "Mengetahui Cara Kerja Tv Lcd Dan Diagram Blok"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel