Mengenal Istilah-Istilah Pada Tegangan Yang Sering Kita Jumpai

Dalam rangkaian Elektronik menyerupai TV, DVD, LCD dan yang lainya, sering kita jumpai istilah-instilah yang dinamakan sebagai materi petunjuk suatu komponen atau tegangan, baik itu berbentuk abreviasi maupun jenis sebutan yang diterapkan, berikut yaitu uraian singkat perihal istilah-istilah Tegangan yang sering digunakan untuk nama dan petunjuk suatu tegangan.

Mengetahui istilah-istilah pada Tegangan yang umum dipakai
1. VCC yaitu yang disebut dengan tegangan supply Colector, lawannya yaitu VEE. C dan E merupakan abreviasi dari Colector dan Emitor, yang artinya komponen aktif pada rangkaian yang di supply tersebut ialah sebuah Transistor/igbt. Adapun VDD yaitu yang disebut tegangan supply Drain, yang lawannya yaitu VSS, D dan S tersebut yaitu merupakan abreviasi dari Drain dan Source, yang artinya komponen aktif pada rangkaian yang disupply nya yaitu homogen FET/MOSFET.

2. GND yaitu netral yang artinya yaitu bukan VEE atau juga VSS, tapi walaupun sering juga dijumpai VEE atau VSS dijadikan satu bersama jalur GND, menyerupai pada rangkaian Amplifier OCL, yaitu memiliki outputnya yaitu Emitor, sedangkan supply masing-masing terdapat pada Colector Transistor, jadi masukan supplynya sanggup disebut VCC+ dan VCC-, sedangkan netralnya yaitu GND (0).

3. VREF yaitu yang disebut tegangan referensi, tegangan tersebut digunakan untuk pola regulasi/setelan.

4. AVDD yaitu yang disebut dengan tegangan supply Analog, sedangkan DVDD yaitu tegangan supply digital, menyerupai hal nya dengan istilah AVCC dan DVCC, cuma perbedaanya yaitu pada komponen aktifnya saja.

5. HVDD yaitu merupakan supply tegangan untuk IC Column Driver dan Row Driver (jika dipakai).

6. VGH yaitu merupakan tegangan gerbang faktual (tinggi) atau VGH (Voltage of Gate High), adapun VGL yaitu merupakan tegangan gerbang negatif (rendah) atau singkatanya dari (Voltage of Gate Low). Kemudian yang disebut GATE yaitu nama dari salahsatu kaki Fet/Mosfet, yang artinya kaki tersebut disupply oleh VGH dan VGL yang berkomponen aktif berjenis Fet/Mosfet.

7. VCOM yaitu abreviasi dari Voltage Common yang berarti tegangan yang digunakan bersama, menyerupai yang terdapat pada layar LCD yang terdapat didalamnya ribuan bahkan jutaan komponen aktif, jadi komponen aktif ini memerlukan tegangan bersama yang disebut VCOM.

8. VGAMMA yaitu merupakan tegangan gamma, yang biasa suka disingkat dengan istilah VGMA atau VGM.

Itulah beberapa istilah-istilah yang sering dijumpai dalam petunjuk tegangan suatu perangkat elektronik, menyerupai dalam tv, dvd, tv LCD dan yang lainya, contohnya dijumpai sebagai petunjuk dalam board mesin ataupun skema.
Sumber http://basis-elektro.blogspot.com/

0 Response to "Mengenal Istilah-Istilah Pada Tegangan Yang Sering Kita Jumpai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel