Mengenal Fungsi Ac-Det Pada Tv Lcd

Tidak semua tv LCD diperlengkapi dengan sirkit AC-det, oleh lantaran itu kadang juga kita sanggup terlupakan pada hal ini.

Apa yang disebut dengan AC-det ?

AC-det yaitu fungsinya untuk memonitor tegangan listrik AC input, kalau tegangan kedapatan drops, maka AC-det ini bakalan aktif "meRESET Mikrokontrol" sehingga mikrokontrol tidak akan aktif bekerja.

Analisa wacana hal ini berfungsi untuk menjaga biar tidak terjadi data corupt (data error) apabila tegangan listrik tiba-tiba drops.

Normal pin AC-det pada konektor Power Supply ke Main-board harus ada tegangan antara sekitaran 3v hingga 4v, apabila pin ini tidak ada tegangan sedangkan tegangan listrik normal, maka hal tersebut membuktikan bahwa sirkit AC-det ada komponen yang mengalami kerusakan.

Gambar diatas yaitu sebuah teladan sirkit AC-det yang sederhana. Pada kondisi normal tegangan AC input akan menembus dioda zener DZ1, sehingga basis Q1 ada tegangan.

Apabila listrik drop, maka tegangan tidak sanggup menembus DZ1, dan basis Q1 teganganya Nol, sanggup isu pada merek Sharp, apabila tidak ada tegangan AC-det kadang pesawat tidak mati, tapi akan menyebabkan bunyi hilang.
Sumber http://basis-elektro.blogspot.com/

0 Response to "Mengenal Fungsi Ac-Det Pada Tv Lcd"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel