Membahas Wacana Sistem Penampilan Layar Tv, Lcd, Plasma Dan Scaler


Seperti yang sudah kita ketahui bahwa tv berbeda sistem dari penampilan layar, penampilan digital mirip tv LCD atau penampilam analog mirip tv CRT, dari perbedaan sistem itu akan kita bahas dalam goresan pena ini yang sudah dirangkumkan, temtang sistem kerja layar tv terutama tv LCD, LED, PLASMA dan membahas perihal Scaler.

Sistem tekhnologi penampilan tv CRT atau tv Tabung

Sistem penampilan analog mirip pada layar TV, Monitor (CRT) atau tv tabung yaitu memiliki 3 jenis katoda R, G, B, yaitu yang fungsinya sebagai penembak Elektron atau seumpama disebut sebagai pensil yang memiliki ujung 3 warna, sedangkan pada bab depan CRT ialah kanvas atau kertas gambar, dan ada Yoke (Deflection Yoke) ialah mirip tangan yang melukis, alasannya yoke ialah berfungsi sebagai pembelok Elektron.

Makara bila tanpa yoke (atau di ibaratkan tangan) ujung pensil tetap akan membisu saja di tengah kanvas/kertas, sehingga akan hanya melukis satu titik RGB saja.

Dalam sistem video format PAL, kecepatan melaksanakan pelukisan ialah 25 fps (frame per second), dalam arti 1 kanvas sanggup penuh dilukis dalam waktu satu perdualima detik, yaitu mirip melaksanakan pembatalan kanvas kemudian dilukis kembali sebanyak 25 kali tiap detiknya. Awal mula proses pelukisan atau gerakan melukis sanggup Progressive atau Interlace, contohnya mirip menulis memulai dari baris atas sebelah kiri kemudian pensil berjalan ke kanan, pindah kolom hingga bab ujung kemudian pensil pindah ke baris kedua dibawahnya dari kolom paling kiri hingga ujung dan seterusnya pindah ke baris bawah hingga hingga pada kolom dan baris terahir, kemudian kanvas akan diganti gres (dikosongkan) yaitu bersamaan dengan pindahnya ujung pensil pada baris dan kolom/titik paling atas sebelah kiri dan seterusnya mirip diatas, sehingga mendapatkan 25 gambar per detiknya (format PAL).

Seperti yang sudah dijelaskan diatas maka yoke akan menggeser dan melukis secara horizontal kemudian vertical, maka dari itu keluaran output penguat horizontal dan vertical difungsikan untuk mengontrol Yoke, bila sinkronisasi sempurna maka yoke akan melaksanakan pelukisan gambar dengan benar, yaitu kordinat yang sempurna alasannya pergerakan yoke sesuai dengan sumber gambar (tersinkronisasi).

Sistem penampilan pada tv Proyektor

Teknik pada tv Proyektor ini sama mirip pada CRT, cuma bedanya hanya cara pemakaian satu CRT untuk 1 warna, jadi apabila RGB maka akan butuh 3 CRT yang terpisah. Sinar yang keluar dari ketiga CRT tersebut dicampur pada bab pemantul (atau bab layar depan).

Makara tv Proyektor ini ialah merupakan solusi untuk CRT layar yang lebar hingga 100 inch, alasannya sangat tidak efektif bila ada CRT RGB utuh dalam ukuran 100 inch. Sistem pelukisan gambar pada CRT gak membutuhkan data-data digital, jadi disebut murni Analog yang dikontrol oleh sinyal sinkronisasi dan Chrominance (warna) dalam sinyal video yang akan ditampilkan.

Makara kita ingat bahwa sinyal video CVBS ialah Composite, yang dimaksud pada sinyal video tersebut yaitu adanya sinyal sinkronisasi H + V juga sinyal warna (chroma). Atau apabika kita amati pada colokan input dari monitor maka akan terdiri dari sinyal R, G, B, H dan V, bila kelima sinyal tersebut digabungkan menjadi satu maka sanggup menjadi sinyal CVBS.

Sistem penampilan layar tv LCD, Plasma dan perihal Scaler

Berbeda dengan sistem penampilan tv CRT yang analog, tv LCD atau Plasma memiliki sistem penampil Digital, berikut akan dituliskan secara singkat.

  • Seluruh sinyal analog yang bakal diproses terlebihdulu diterjemahkan ke data digital/ADC (analog to digital), teladan sinyal analognya yaitu mirip Video dan Audio, atau bahkan sanggup juga sinyal IF keluaran dari tuner, tapi disini yang akan dibahas yaitu sistem penampil digital video.
  • Sistem kerjanya yaitu CPU akan mengambil sampel kemudian melaksanakan pengecekan Format, dan mfngukur berapa resolusi atau ukuran gambar yang ada dalam data digital hasil ADC. Contohnya terbaca ialah format PAL 25 fps, maka artinya CPU akan mengambil satu frame/gambar (gambar/data sepanjang satu perdualima detiknya), oleh alasannya berformat PAL, maka diketahui ukuran gambar ialah 720 x 576 (720 kolom x 576 baris).
  • Kemudian CPU akan melaksanakan setting ukuran atau me Resize data gambar yang tadi diambil, sehingga akan sesuai dengan ukuran layar/panel, jadi alat atau bab yang mengatur ukuran ini disebut SCALER, mirip umpamanya panel LCD/PLASMA yang dipake memiliki ukuran 1366x762 pixel, maka CPU akan memerintahkan pada bab Scaler untuk meResize gambar, dari asal ukuran 720x576 piksel menjadi 1366x768 piksel, makanya tidak aneh bila ada yang bilang gambarnya terlihat pendek-pendek dan seolah gemuk-gemuk.
  • Lalu setelah data gambar final di Resize maka data gambar yang sudah sempurna dan sesuai dengan ukuran layar/panel tersebut kemudian dikirim ke layar/panel untuk ditampilkan.
  • Jadi semua proses diatas yang berada pada format PAL, dikerjakan dalam kurun waktu seperdualima detik untuk 1 frame atau gambar, sehingga dalam 1 detik sanggup memproses sebanyak 25 frame/gambar, alasannya mirip sudah diterangkan diatas bahwa 1 piksel samadengan 1bit, maka layar/panel akan mendapatkan data sebesar 1366x768 bit sebanyak 25 kali pada tiap detiknya, apabila ditotalkan menjadi sekitar 25Mbps (25 megabit per-second) untuk format PAL 25 fps.

Yang disebut Frame per-second ialah mirip roll film bioskop yang diputar dan disorot oleh lampu, kemudia cahaha yang melewati filem dijatuhkan pada layar, satu gambar pada roll filem tersebut ialah Frame, sedangkan untuk durasi 1 detik terdiri dari 25 gambar (yang kelihatanya sama semua), kemudian aja juga yang 30 gambar perdetik atau kecepatan frame lain, mirip contohnya untuk merekam ledakan granat dibutuhkan kamera yang memiliki kecepatan rekam hingga 300 fps (300 frame per-second), yang berarti bencana sepertigaratus detik sanggup ter-rekam.
Sumber http://basis-elektro.blogspot.com/

0 Response to "Membahas Wacana Sistem Penampilan Layar Tv, Lcd, Plasma Dan Scaler"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel