Kerusakan Tv Lg Lcd Led 22Ls3300 Mati Total

Kali ini akan nulis ihwal kerusakan tv LED LCD merek LG 22LS3300 yang mengalami tanda-tanda mati total, tv ini ini memang termasuk belum terlalu usang keluar, tapi yang namanya rusak niscaya tidak memandang tv tersebut masih gres atau usang dipakai, jadi kerusakan tv itu sama menyerupai insan juga yaitu tidak memandang usia.

Pada investigasi tv LCD ini dimulai dengan mengecek jalur input power 24 volt yang kedapatan terjadi konslet, berharapnya sih hanya komponen kapasitor yang bermasalah, tetapi ternyata yang rusak yakni Fet yang berbentuk IC 8 pin smd pada jalur 12 volt yang konslet, kemudian sesudah pergantian Fet yang biasa ahirnya tv sanggup On tapi ternyata tidak sanggup siaran, dan kemudian layar juga menjadi blank putih.

Oh ternyata lupa ngecek tegangan apakah 12 volt nya sudah benar atau tidak, dan memang ternyata yang bermasalah pada IC Step Down 24 v ke 12 v mp8697, didapati input dan outputnya konslet sehingga tegangan 24 volt jadi bablas ke jalur 12 volt, beruntung hanya 2 buah IC mp1497 dan untuk 5 volt pada cuilan tunner yang bermasalah, usb dan tcon jadi tumbalnya disebabkan tidak ada stok part pengganti.

Dua modul DC Step down jadi pilihan, 1 untuk 24 - 12 volt, dan 1 lagi untuk 12 - 6,8 volt (5v) tuner dan usb, sedangkan untuk Tcon di jumper saja ke vcc usb, dan kesudahannya tv On, raster dan 5 volt ke tunner sudah ada tapi masih tidak sanggup siaran.

Kemudian penelusuran selanjutnya dengan pengukuran SDA ternyata terukur 0 volt, dan SCL 3,2 volt, jalur tidak kedapatan short dan coba open pin SDA juga tidak membuahkan hasil.

Sempet waswas dengan Chipset nya tapi ternyata Chipset selamat, dan sesudah dilakukan pengecekan lagi ternyata hanya Resistor 4k7 dari 3,3 volt ke SDA putus, sesudah pergantian komponen R tersebut ahirnya tv juga muncul siaran dan nyala dengan normal kembali.

Itulah ihwal kasus kerusakan pada tv LED LCD merek LG 22LS3300 yang awalnya mengalami tanda-tanda mati total, sesudah dilakukan perbaikan service tv diatas ahirnya tv sanggup nyala lagi, sanggup hidup menyerupai gres lagi, tapi entah hingga kapan sanggup bertahan, lantaran semua baran elektronik niscaya akan mengalami kerusakan sesudah digunakan lama.
Sumber http://basis-elektro.blogspot.com/

0 Response to "Kerusakan Tv Lg Lcd Led 22Ls3300 Mati Total"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel