Kerusakan Tv Lcd Toshiba 50L2300 Layar Gelap Bunyi Normal

Kembali lagi dengan corat-coret perihal ilmu dan pengalaman service tv, baik dari pengalaman langsung maupun dari para master elektro, kali ini pengalaman master pak Sumarsono Budiharjo pada ketika repair/memperbaiki kerusakan tv LCD merek Toshiba 50L2300, yang memiliki tanda-tanda kerusakan layar gelap tapi bunyi normal.

Aduuuh,,, tv ini bongkarnya tidak mengecewakan bikin keringetan kmringet mandi peluh, soalnya cover bab belakang dan depan saling cakot-cakotan alias saling gigit, mau gak mau terjadi sedikit pemaksaan sehingga banyak kuncian yang patah.

Inverter pada tv LCD ini pakai satu Driver BD9483, tapi Fet drivernya pakai 2 buah, demikian juga dengan trafonya ada 2 buah. Masing-masing untuk menDrive satu rentang Led BL (jadi disini ada dua rentang BL).

BL pertama lalu dicek teganganya sempat keluar sekitar 150v lalu drops, BL kedua dicek juga teganganya sempat keluar sekitar 250v terus drops.

Kesimpulan dari pengecekan diatas ialah rentangan BL yang pertama masih normal, dan rentangan BL kedua ada yang putus, sehinggta tegangan terukur tinggi.

datasheet BD9483
Setelah led yang putus tersebut diganti (ada 2 buah) pesawat tv mulai dicoba dihidupkan dan ternyata BL tetap saja tidak mau nyala, posisi layar tetap gelap waduh waduh iki piye. Kemudian coba cari datasheet BD9483, sistim protek dimatikan dengan memasang R100k pada pin-16 (CP) ke gnd dan ternyaja josss, BL dapat nyala sekarang.

Setelah tv LCD Toshiba dapat nyala lagi layar sudah ada tampilan, diraba-raba FET Driver ternyata adem tidak panas, berarti kondusif dengan cara mematikan sistim protek. Saat dilihat gambar,, lho ko bab bawah layar ada gangguan garis-garis horizontal hitam, lalu dicoba pasang isolasi pada flatwire dari T-con ke panel, sehabis ganti yang diduga ada kelainan tv juga ahirnya Cling dan memiliki gambar normal lagi.
Sumber http://basis-elektro.blogspot.com/

0 Response to "Kerusakan Tv Lcd Toshiba 50L2300 Layar Gelap Bunyi Normal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel