Kerusakan Tv Lcd Samsung Ua32d4010 Hanya Led Indikator Power Berkedip Cepat

Kali ini dengan problem kerusakan pada tu LCD Samsung UA32D4010, yang memiliki tanda-tanda tidak sanggup on/menyala dengan kondisi lampu Led indikator hanya berkedip cepat dengan jeda 3x,

Pemeriksaan pertama pada output PSU A5v didapati normal, tegangan Power On, B5v dan 13v kedapatan berdenyut seirama dengan jeda Led, sama halnya juga dengan vcc led BL.

Melokalisir duduk masalah kerusakan dengan test hanya psu dan suntik tegangan power on, alhasil tetap sama, kemudian cek TR Fet switching dan semua elko yang ada di bab primer/skunder semua Ok, kemudian coba open vcc led BL dan Driver ternyata membuahkan hasil, power sanggup On, tegangan B5 dan 13v keluar dengan stabil, terang sudah masalahnya ada pada inverter led BL.

Driver led BL tersebut memakai IC SEM5025, coba mencari datasheet nya belum dapat, fikir bakalan runyam nih urusanya kalau meraba-raba dalam gelap, takut salah raba dan salah target :).

Tapi entah iseng atau apa, hehe,, coba nambahin elko 47uf pada jalur feedback ibarat pada gambar diatas, dan ternyata psu tidak terprotek lagi, dan semua output keluar dengan normal.

Test bersama MB, led indikator berkedip normal menerangkan aktivitas bekerja kemudian mati dan bunyi nongol tapi layar gelap gulita,, waduh mesti bongkar-bongkar panel nih... Ternyata didapati sebuah Led tewas dari total 58 led, dari jumlah led dan vcc led BL yang terukur 190v, diyakini vcc led/ekor = 3v, ganti led dengan vcc yang sama meskipun sedikit pendek, dan ternyata 98% alhasil mendekati sempurna, tv sanggup ditonton dengan nyala normal.


Itulah catatan pengalam kerusakan tv LCD merek samsung yang memiliki problem tanda-tanda awal hanya led indikator power berkedip cepat, sesudah melewati investigasi dan pengerjaan diatas tv kembali nyala normal.
Sumber http://basis-elektro.blogspot.com/

0 Response to "Kerusakan Tv Lcd Samsung Ua32d4010 Hanya Led Indikator Power Berkedip Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel