Kerusakan Tv Garis Mendatar Di Tengah Layar Yang Menciptakan Bingung


Kembali aku menuliskan aneka macam macam kerusakan tv yang sangat banyak macemnya, serta yang menjadi penyebab kerusakan bukan hanya itu-itu saja, tapi dari perkara kerusakan sanggup jadi dari penyebab yang berbeda dan kadang sulit untuk mencari biang keroknya, berikut terjadi pada mesin tv china yang memiliki perkara kerusakan hanya garis tengah pada layar adalah rusak cuilan vertical.

Tv dengan kondisi mesin yang biasa disebut mesin china ini menggunakan IC utama yang biasa adalah IC LA76810/LA76818, dan menggunakan IC vertical LA78040.

Cara service tv layar hanya garis tengah mendatar pada mesin tv china

Setelah melaksanakan pengecekan eksklusif fokus pada area vertical, ternyata sempet dibentuk pusing juga lantaran tidak eksklusif ketemu penyebabnya, dicoba pergantian IC LA78040 adalah ic vertical ternyata karenanya nihil, dan coba juga ganti ic LA76818 juga masih tetap nihil, tidak membuahkan hasil adanya perubahan layar menjadi terbuka normal.

Pada ketika pin input LA78040 di open dan di sentuh pakai probe avo, garis datar ada nampak lari naik turun menyerupai mau membuka, biasanya hal tersebut membuktikan bahwa blok vertical output normal, tapi ketika di cek komponen masih pada bagus, dan kemudian dilanjutkan dengan pengecekan tegangan, cek vcc 27 volt , kemudian pin 5 ketika standby 25 volt tapi ketika tv start tinggal 5 v, wah ini ada yang gila pada tegangan tersebut.

Dengan berbekal point pengecekan tegangan diatas maka penelusuran di fokuskan pada blok vertical output, walaupun ketika disentuh inputnya membuktikan tanda-tanda yang normal, dan sesudah melalui pengecekan yang tidak mengecewakan agak usang juga mencari penyebab biang keladi ini tv, ahirnya ketemu penyebabnya adalah R453 dengan nilai 8k2, yang terbaca oleh Avo meter 33k, wah bener-bener korup nilainya molor Resistor ini.

Setelah pergantian Resistor tersebut ahirnya layar tv sanggup terbuka kembali, tidak lagi garis mendatar terperinci di tengah menyerupai sebelumnya, adalah dengan pergantian R453 yang berada di jalur pin 7 LA78040 menuju ke vcc 8v, pada mesin tv china model lain R tersebut memiliki nilai 10k lantaran menggunakan vcc 12v.

Seperti itulah diantaranya pengalaman service tv yang memiliki kerusakan layar hanya bergaris di cuilan tengah, rusaknya cuilan vertical, sanggup dibereskan dengan pergantian R yang nilainya berubah (molor) dari nilai asalnya.
Sumber http://basis-elektro.blogspot.com/

0 Response to "Kerusakan Tv Garis Mendatar Di Tengah Layar Yang Menciptakan Bingung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel