Hati-Hati Cek Tegangan Dengan Avometer Digital


Pemirsa basis-elektro, sebagaimana kadang ada perkara terjadi rusaknya avo meter (multimeter) atau tester Digital, jadi aku posting saja perihal pengalaman temen yang mengalami rusaknya secara tidak sengaja, atau mungkin lantaran belum tau dan tidak hati-hati saja cek tegangan dikala service tv.

Apes dialami temen dikala melaksanakan service tv, pada dikala itu servis tv nya belum jadi malah keburu Avometer digitalnya rusak. Emang apa penyebabnya Avometer/tester nya rusak?, ternyata dikala melaksanakan pengukuran tegangan G2 pada tv, dan padahal di aturnya pada skala 1000v, tapi tiba-tiba eksklusif suara ngiikk dari speaker avo, lalu dilayar ada goresan pena HV dan gambar ACCU / Battery -+ wah ternyata eksklusif error.

Padahal katanya posisi pengukuran sudah dipastikan benar, skala dan probe merah/hitam sudah sesuai keharusan tapi ternyata tiba-tiba rusak, hanya disebabkan coba ukur tegangan G2 pada tv, dan padahal jikalau di test pakai tester Analog skala dc 250v cuma terukur 130v, tapi kenapa pake Avo digital kok dapat rusak ya?, apa emang umur avo tersebut sudah ditakdirkan hingga disitu? Atau tidak dibenarkan ngecek tegangan G2 pakai avo meter digital?.

Dari pengalaman diatas dapat kita simpulkan bahwa, kita harus memiliki avometer 2 jenis, Analog dan Digital. Agar kita antisipasi pengalaman menyerupai diatas. Kaprikornus dikala melaksanakan service tv, kita pakai avo digital hanya sebatas pengukuran/pemeriksaan komponen dan jikalau ingin mengukur tegangan harusnya maximal voltase tegangan 300v. Tapi lebih bagusnya sih avo digital jangan pakai sembarang ngukur tegangan, kalau tegangan mending pakai Avo Analog saja.

Jadi jikalau ada pemirsa yang belum pernah mengalami hal tersebut semoga lebih hati-hati saja, biar peralatan servis tetep awet.
Sumber http://basis-elektro.blogspot.com/

0 Response to "Hati-Hati Cek Tegangan Dengan Avometer Digital"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel