Cara Servis Tv Polytron Gambar Menyempit Dan Bergoyang

Kali ini membahas pengalaman service TV pada kerusakan tv brand Polytron, yang memiliki tanda-tanda kerusakan posisi gambar horizontal menyempit dan juga goyang-goyang. Gambar yang terlihat pada layar kurang lebih hanya tiga perempat nya saja selebihnya tidak ada, atau hanya nampak hitam tidak ada gambar.

Seperti biasa awal yang dilakukan dalam servis tv yaitu pertama tama ialah cek visual kondisi komponen serta solderan pada keseluruhan chasis, didapati ternyata tidak ada komponen yang hangus terbakar atau cacat, dilanjutkan cek ke kepingan solderan ternyata kelihatannya banyak solderan yang sudah retak, kemudian dilakukanlah menyolder ulang semua titik solderan yang terlihat kendor dan retak. Sebab dengan resolder terlebih dahulu kita akan sanggup lebih yakin memastikan letak kerusakan dan tidak hingga ada yang terlewat.

Setelah tamat menyolder hampir semua titik yang rawan retak sudah diperbarui solderanya, dan kemudian tv dicoba kembali nyalakan, wah ternyata kerusakan masih tidak ada perubahan, sama saja menyerupai sebelumnya layar tidak full dan bergoyang.

Pemeriksaan dilanjutkan pada kepingan Horizontal dengan mengukur tegangan pada masing-masing pin flyback (FBT), dan ternyata normal saja, kemudian tegangan yang lain menyerupai B+ juga normal sekitar 130V DC, makin ingin tau juga ahirnya coba pengecekan pada komponen horizontal bahkan coba dengan replace dulu Flyback, dan ternyata masih sama juga penyakit tidak kunjung sembuh, Pergantian juga dilakukan pada beberapa komponen di sekitar flyback dan travo switching jadinya masih nihil.

Pengecekan beralih pada kepingan power supply dengan menilik semua ELCO pada blok regulator/supply, yang dicurigai eksklusif saja diganti, hingga investigasi pada STR resistor dan kapasitor yang kecil juga diganti, jadinya coba kembali TV dinyalakan tetep sama saja.

Diperkirakan komponen aktif yang dicurigai di blok horizontal dan supply sudah coba diganti, tapi ada satu yang menjadi dugaan biang kerok yaitu opto coupler, walaupun emang termasuk jarang juga mengalami kerusakan, tapi sanggup juga kerusakan pada komponen otocoupler terjadi, dan ternyata memang benar sehabis TV dinyalakan gambar menjadi normal dan full tanpa cacat lagi, ternyata ahirnya ketemu juga biang keroknya yaitu ialah sensor tegangan 4 kaki optocoupler ini.

Setelah tv normal dengan pergantian optocoupler tamat sudah petualangan servis tv Polytron yang memiliki tanda-tanda gambar menyempit tidak full serta disertai gambar bergoyang, memang servis tv itu kadang yang menjadi penyebab kerusakan ialah komponen yang diluar dugaan, bagi anda yang belum tau apa itu Opto coupler ini ialah komponen pada blok power supply yang biasanya terletak di erat trafo switching power supply, yang fungsinya ialah sebagai untuk menyetabilkan tegangan pada output Trafo, lebih jelasnya sperti pada gambar.
Sumber http://basis-elektro.blogspot.com/

0 Response to "Cara Servis Tv Polytron Gambar Menyempit Dan Bergoyang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel