Cara Servis Tv Lcd/Led Lg Dilema Bunyi Gemeresek Atau Ngerosok

Kali ini problem kerusakan yang dialami oleh Masagus Ibrahim yang mendapati service tv LCD/LED merek LG 32LD330, dengan kerusakan problem audio tv lcd LG  ini suaranya ketika gres on hanya bunyi gemerasak meskipun volume diposisi minimal tetep ada bunyi ngerosok menyerupai itu. Setelah 5-10 menit lebih bunyi gemerasak berangsur berkurang, lalu barulah terdengar suaranya normal tapi tidak begitu jernih dengan sesekali gangguan menyerupai awal on.

Kemudian tv lcd lg ini dicoba melihat pada posisi siaran yang signalnya kurang baik, ternyata terlihat raster ikut juga terganggu ketika bunyi gemerasak itu berbunyi, jadi pada dasarnya bunyi tersebut menghipnotis juga keadaan gambar di layar kalau bunyi audio ngerosok tersebut

Pemeriksaan awal pada kerusakan audio tv lcd ini ialah dengan mengecek dulu semua tegangan dari psu (power supply) dan ternyata terdeteksi normal saja. Begitu juga dengan vdd 1,8v, 3,3v, sda/scl dan 20v (16v) hadir hingga ke pin IC NTP-3200.

Kemudian dilanjutkan pada pengecekan tes elko semua OK saja, dan perburuan tersangka penyebab kerusakan problem audio ini kesudahannya terhenti di R 676 100 ohm di pin 17 SData NTP-3200 yang kedapatan pada posisi sudah melar.

Setelah pergantian R676 tersebut kesudahannya bunyi kembali jernih tanpa gemeresek kembali, bunyi dan gambar tv lcd ini juga kembali normal menyerupai sediakala, dan servis tv lcd LG yang rusak audio terdengar gemeresek/ngerosok ini tuntas hingga disitu, dengan pergantian komponen Resistor 100 ohm yang sanggup dilihat jelasnya pada gambar dan skema.

Sekian perihal cara memperbaiki TV LCD merek LG yang memiliki masalah audio, yaitu terdengar ngerosok walaupun volume di kecilkan tapi tetap bunyi tersebut masih ada, biar pengalaman menyerupai itu sanggup bermanfaat juga bagi rekan semua.
Sumber http://basis-elektro.blogspot.com/

0 Response to "Cara Servis Tv Lcd/Led Lg Dilema Bunyi Gemeresek Atau Ngerosok"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel