Cara Mengakali Tv China Warna Jadi Bw / Hitam Putih

Terdapat kasus kerusakan pada tv china IC LA76810/8 dengan tanda-tanda tidak keluar warna, atau jadi BW (Black White) alias hitam putih, terjadi pada posisi siaran maupun pada posisi AV.

Penulusuran pencarian penyebab warna jadi hilang dan hitam putih, dimulai dengan mencoba mengganti X-tal 4,43, SAW filter, juga pada komponen yang ada pada kepingan jalur pin 38 dan 39, tapi masih tidak membuahkan hasil, tetap saja warna tv jadi hitam putih, bahkan sudah dicoba dengan mengganti IC LA7681x pakai IC cadangan yang masih bagus, tapi tetap sama hasilnya belum sanggup teratasi penyakit tv China ini.

Solusi cara memperbaiki tv china tidak keluar warna atau jadi hitam putih (BW)

Kemudian dicoba menyentuh pin 39 dari IC dengan jari ternyata warna sanggup muncul, jadi apakah penyebab hilang warna jadi hitam putih jikalau pin 39 dilepas lagi?, dan kesannya ketemu solusinya dengan mencoba memasang kawat jumper langsung, ialah dengan mengganti kapasitor C209 15pf dan Resistor R209 nilainya 470 ohm, kedua komponen tersebut yang berada pada pin 38 IC utama, diganti pribadi dengan kawat jumper, dan warna tv ahirnya muncul normal kembali.

Kenapa diakali dengan jumper pribadi komponen tersebut sanggup muncul warna lagi?, gak habis fikir sebab penyakitnya sudah sembuh ya service tv china tersebut dianggap selesai, hehe, yang penting sudah normal dan warna mulus tanpa cacat, yang tadinya punya persoalan hitam putih sanggup normal menyerupai sediakala, kerjaan servis juga beres.

Seperti itulah jikalau teman punya persoalan penyakit tv yang sama, sanggup mengakalinya dengan cara menyerupai diatas, terlihat pada gambar yang diberi warna merah komponen C dan R tersebut yang diakali, jikalau memang sudah mentok cari penyebabnya gak ketemu juga, itu merupakan jurus terakhir cara memperbaiki warna tv jadi hilang, atau jadi hitam putih (BW) sanggup diselesaikan dengan mudah. Semoga coretan pengalaman service tv ing bermanfaat.
Sumber http://basis-elektro.blogspot.com/

0 Response to "Cara Mengakali Tv China Warna Jadi Bw / Hitam Putih"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel