Cara Menciptakan Charger Tenaga Api Sederhana

Pada kesempatan ini akan membahas ihwal cara menciptakan charger tenaga api, tentunya menarik kan bila kita peraktekkan? Yang umumnya kita biasa mencharge/ngecas hp dicolokkan ke listrik PLN, tapi ini sanggup memakai tenaga api saja sanggup kita lakukan pengecasan hp atau gedget kita.

Tentunya dengan menciptakan alat menyerupai ini akan membantu kita ketika berada jauh dari fatwa listrik, contohnya kita lagi ada di hutan atau daerah yang belum terjangkau PLN, sepakat kita simak saja caranya berikut ini yang hanya memerlukan komponen sederhana saja.

Bahan yang perlu kita siapkan dalam pembuatan charger tenaga api ini adalah:


1. Siapkan komponen "Thermal Electric Peltier" yang sanggup kita peroleh di toko elektronik terdekat wilayah anda.
2. Kabel dan socket charge yang sesuai dengan jenis ponsel kita.
3. Kaleng bekas metal yang ukuranya agak besar.
4. Penjepit pipa dari materi logam (hose clamp)
5. Korek api atau sumber api lainya yang sanggup menghasilkan api.

Langkah Cara Membuat Charger Tenaga Api


Jika peralatan yang diharapkan sudah tersedia, maka kita masuk pada tahapan merakit charger hp tenaga api menyerupai berikut:

  • Pertama bersihkan dahulu plastik atau kertas pembungkus pada luar kaleng, dan bersihkan pula isinya dari kotoran atau sisa makananya.


  • Lalu kita menciptakan lubang yang tidak mengecewakan besar pada bab sisi bawah kaleng, yang bertujuan untuk melaksanakan pengapian/sumber api, bika kita gunakan ranting, kayu bakar atau materi yang sanggup kita bakar, bentuk lubangnya yaitu kotak, harap hati-hati saja dalam langkah ini biar tidak kena tangan.

  • Kemudian kita menciptakan 4 lubang kecil bab atasnya, posisinya menyerupai terlihat pada gambar saja, yang akan dimasukan kawat alumunium yang dibuat menyerupai aksara U, yang berfungsi untuk menampung apabila mau sambil memasak air, tapi tahap ini sanggup juga kita tidak lakukan bila memang tidak terlalu penting.

  • Kemudian buatlah juga 1 lubang kecil pada sisi bab bawah, yang fungsinya untuk penyalur pengeluaran asap atau homogen sirkulasi panas biar tidak pengap.

  • Lalu kupaslah kabel yang sudah disediakan dengan membuang kulit ujung kabel colokan charge sampai tembaganya sanggup terlihat.

  • Setelah itu tinggal kita hubungkan pada Thermal Electric Peltier, yang sesuai dengan posisi aktual dan negatif nya, biasanya merah (+) dan hitam (-).

  • Lalu kini kita pasangkan penjepit pipa logam, yang berkhasiat untuk sebagai pengikat alat Thermal tadi, jadi keuntungannya sebagai tali pada kaleng, alasannya yaitu bila kita pakai tali rapia kan putus kena panas, sedangkan kalau tidak pakai tali tidak akan nempel ke kaleng dengan baik, atau bila hanya ditempelkan oleh tangan sanggup cilaka kita :).


Setelah proses diatas simpulan semua, kita tinggal melaksanakan pengapian saja sampai ponsel kita sanggup terisi lagi, sanggup sambil bakar-bakar ikan atau sambil bakar kemenyan bila perlu hehe.., semoga charger tenaga Api yang kita rakit sanggup bekerja dengan baik melaksanakan pengisian batre ponsel.
Sumber http://basis-elektro.blogspot.com/

0 Response to "Cara Menciptakan Charger Tenaga Api Sederhana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel