Cara Flash Ic Eeprom Dan Alat Yang Dipakai Untuk Flash

Berikut akan dibahas cara dasar Flash IC EEPROM tv, yaitu memperbarui data dari isi eeprom atau ic memori tersebut, bagi yang belum pernah tentunya kurang faham cara flash ic memory eeprom itu gimana? Tapi Mungkin kita akan lebih gampang memahami kalau sudah mempunyai peralatannya.

Apa saja yang harus di persiapkan untuk ngeflash ic eeprom/memory yaitu sangatlah sederhana, tidak perlu keahlian skill yang khusus sebagai programmer juga kita sanggup melakukanya sendiri, asalkan ada alat yang digunakan untuk flash ic eeprom dan perangkat dengan gampang kita sanggup menjalankanya, berikut cara flash ic eeprom/memory dengan alat.

Alat yang harus disiapkan untuk flash ic eeprom? Cara flash eeprom dan alat yang diperlukan.


Peralatan yang dibutuhkan :
  • Perangkat Komputer PC atau Laptop
  • Programmer + software + asesories
  • Kumpulan data-data Firmware
Tentunya untuk perangkat yang diharapkan diatas kita sudah sanggup faham, dan untuk perangkat computer tentunya kini sudah rata-rata memiliki, tapi apabila kita belum mempunyai Programmer (alat utama untuk memprogram atau flash), kita cukup pakai yang murahan aja yang harganya tergantung dari jenis alat tersebut, mungkin soal harga contohnya CH341 sekitar 150 ribu, tapi ada juga lho yang harga satu jutaan.

Dimana kita sanggup mendapat alat flash memory tersebut?, kita sanggup pribadi pesan saja pada penyedia alat tersebut, kini banyak juga yang menawarkan, contohnya kalau di tempat jawa barat pada kang Dede Digitalmas, atau kalau di tempat timur sanggup memesan atau tanyakan saja pada Pak Sumarsono atau Zaenal Elektro. Jika kita sudah mempunyai alat tersebut gres kita sanggup siapkan firmware nya.

Kalau kita beli alat programmer biasanya akan di beri CD software untuk diinstal ke computer, atau Software tersebut juga sanggup di download dari internet beserta jenis firmware nya dari tiap-tiap jenis ic dan merek perangkat yang menggunakan jenis ic memory tersebut, tapi biasanya sudah dikasih juga dari penyedia alat flash memory tersebut.

Asesories lain yang dibutukan adalah:

  • Pcb untuk menempelkan eeprom yang akan di flash.
  • Bisa juga menggunakan adapator, sehingga tidak perlu sering menyolder eeprom
  • Atau menggunakan penjepit eeprom, sehingga tidak perlu melepas eeprom dari board
  • Setelah software diinstal pada komputer, maka kalau kegiatan tersebut dijalankan.
  • Akan dengan gampang dilihat perintah-perintah, dimana yang penting kita ketahui perintah utama untuk flash eeprom dan tahapan pengerjaanya dalah sebagai berikut:
  • Pemilihan jenis eeprom 24 atau 25 serta kapasitasnya
  • Pemasang eeprom harus sesuai pada soket 24 atau 25 (tidak boleh tertukar)
  • READ =  membaca isi data eeprom.
  • SAVE = data yg dibaca ketika READ sanggup disimpan sebagai file pada computer
  • ERASE = menghapus isi data eeprom. Ini perlu dilakukan kalau eeprom akan diisi ulang
  • OPEN = membuka data eeprom yang di SAVE atau dari Kumpulan data2 Firmware
  • PROGRAMMED = data yang di OPEN akan ditulis pada eeprom. Jika penulisan betul maka akan muncul goresan pena READ AND BUFFER SAME. Jika penulisan error akan muncul goresan pena READ AND BUFFER DISAGREEMENT.
Itulah cara flash ic eeprom/memory dengan menggunakan alat programmer, tentu saja kita akan lebih memehaminya lagi kalau kita sudah mempunyai alat tersebut. Alat flash memory juga sangat membantu proses memperbaiki tv atau perangkat lainya yang support dengan ic memory sesuai jenisnya, jadi akan pribadi sempurna target kalau kita mendapat duduk kasus kerusakan contohnya pada tv error data nya sehingga tv tidak sanggup nyala atau gangguan pada ketika tv tersebut sudah nyala, yang disebabkan oleh error data ic memory.
Sumber http://basis-elektro.blogspot.com/

0 Response to "Cara Flash Ic Eeprom Dan Alat Yang Dipakai Untuk Flash"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel