Belajar Service Tv Lcd Dengan Mengenal Bagian-Bagian Tv Lcd

basis-elektro.bogspot.com- Kali ini masih menulis perihal pengenalan blok bagian-bagian dari TV LCD, untuk tahap berguru service TV LCD kita mulai dengan mengenal tiap cuilan yang terdapat pada tv LCD, jadi kita harus benar tau dulu sebelum melangkah ke tahap pembedahan dan mencari sumber penyebab kerusakan, disini kita akan bahas lagi berguru service tv LCD dengan mengenal bagian-bagianya.

1. Fon Panel Display

Bagian font panel display pada tv LCD tentunya berbeda dengan tv CRT, yang merupakan flat panelnya dan yang umum digunakan dikala ini berjenis TFT LCD, dalam blok panel display tersebut terdapat backlight yaitu sebagai penghasil cahaya putih pada seluruh permukaan Layar LCD, Diffuser yang fungsinya ialah sebagai filler backlight. Cara kerja font panel display kurang pada dikala LCD mendapat tegangan, maka dari itu molekul-molekul kristal bakal tersusun menjadi horizontal sehingga akan mejadikan cahaya backlight sanggup tembus ke cuilan depan papan layar LCD, materi molekul kristal tersebut yang memiliki sifat antara padat dan cair.

2. Bagian Power Supply dan Inverter

Memang pemakaian daya pada tentunya diperlukan cukup besar untuk pengoprasian seluruh cuilan mesin yang terdapat didalamnya, dan diperlukan sebuah Power board yang harus benar-benar stabil, yang tidak gampang terkena interferensi dari perangkat yang lain, maka dari itu kita lihat juga banyak juga firter yang dipakai, ciri-ciri cuilan ini ialah terdapat trafo besar, juga disertai adanya elko yang besar juga, cuilan ini berfungsi sebagai supply utama tegangan.

Kemudian inverter ialah rangkaian yang berfungsi mengatur tegangan, disana juga terdapat penaikan tegangan dari kecil menjadi besar, dan rangkaian ini terdapat kabel yang akan masuk untuk mengontrol rangkaian gambar pada tv LCD.

3. Bagian Main Board

Pada cuilan ini ialah sentra untuk memproses semua sinyal, menyerupai dari video ataupun audio yang ditangkap oleh tuner atau dari inputan lainya, pada modul tersebut terdapat tuner anatog to digital converter. Mikrocontrol yang menentukan input mana yang digunakan sebagai fungsi tv lainya. Pada tv LCD terdapat proses untuk mengkonversi sinyal analog video menjadi bentuk digital maka dari itu adanya banyak transistor pixel yang dikontrol modul T-con.

4. Panel belakang

Pada cuilan ini ialah yang fungsinya sebagai input output contohnya DVG, VGA, USB dan lainya, juga terdapat menyerupai output untuk speaker dll.

5. TCON

Ada banyak pixel atau elemen LCD dan memiliki transistor untuk sanggup menyalakan atau mematikan pixel tersebut, pada ba4gian T-con satu kesatuan dengan Panel display LCD. Backlight inverter, penyalaan pixel tersebut di control oleh sebuah modul T-con (FRC) board, jadi modul tersebut yang menentukan transistor mana yang aktif dan tidak aktif. Dalam modul T-con tersedia sebuah konektor yang memiliki banyak pin untuk dihubungkan ke mainboard, biasanya modul ini akan ditutupi oleh alumunium biar terhindar dari interferensi /gangguan dari luar.

6. Bagian switch program

Pada cuilan ini berfungsi untuk melaksanakan kontrol fungsi pada tv LCD, antara lain menentukan channel, volume bunyi dan hidangan lain.

Itulah catatan kali ini pada bahasan berguru service tv LCD, masih perihal mengenal bagian-bagian pada tv LCD juga, dan untuk pengenalan lebih jauh dan terperinci serta tahapan selanjutnya akan diurai pada goresan pena yang lain, maaf kalau goresan pena ini sangat simple dan tidak diperjelas, lantaran kutipan dari postingan rekan blog yang begitu adanya.

Sumber : subehagetuk,blogspot,com
Sumber http://basis-elektro.blogspot.com/

0 Response to "Belajar Service Tv Lcd Dengan Mengenal Bagian-Bagian Tv Lcd"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel